Wednesday, April 20, 2011

DOOSHI (どうし = Kata Kerja) Dalam Bahasa Jepang



Kata kerja dalam bahasa Jepang terdiri dari 5 (lima) golongan, yaitu :
  1. GODAN DOOSHI ごだん どうし
  2. KAMI ICHIDAN DOOSHI    かみいちだん どうし
  3. SHIMO ICHIDAN DOOSHI   しもいちだん どうし
  4. KAHEN DOOSHI         かへん どうし
  5. SAHEN DOOSHI         さへん どうし
Kelima golongan kata kerja tersebut di atas mempunyai 5 (lima) bentuk perubahan atau konjugashi, dan masing-masing golongan mempunyai ciri khas dan cara perubahan tersendiri tergantung dari akhiran huruf kata kerjanya. Kelima perubahan yang ada pada kata kerja tersebut adalah :
  1. Jisho kei  じしょ けい    :Kata kerja bentuk kamus
  2. Te kei      て けい : Kata kerja bentuk sedang, perintah
  3. Ta ke       た けい : Kata kerja bentuk lampau (biasa)
  4. Masu Kei    ます けい : Kata kerja bentuk sopan / formal
  5. Nai kei     ない けい : Kata kerja bentuk menyangkal (biasa)
Baiklah, mari kita bahas satu per satu kata kerja di atas.



A. Godan Dooshi

Ciri-ciri dari kata kerja ini adalah kata kerjanya selalu berakhiran dengan huruf : U , TSU, SU, BU, GU, RU, MU, NU, KU
Example :


Jishoo Kei じしょ けいTe Kei て けいTa Kei た けいMasu Kei ます けいNai kei  ない けいImi いみ/ Arti
AuAtteAttaAimasuAwanaiBertemu
TatsuTatteTattaTachimasuTatanaiBerdiri
HanasuHanashiteHanashitaHanashimasuHanasanaiBerbicara,melepas
TobuTondeTondaTobimasuTobanaiTerbang
OyoguOyondeOyondaOyogimasuOyoganaiBerenang
WakaruWakatteWakattaWakarimasuWakaranaiMengerti
YomuYondeYondaYomimasuYomanaiMembaca
ShinuShindeShindaShinimasuShinanaiMati/Tewas
KakuKaiteKaitaKakimasuKakanaiMenulis

Lebih lengkapnya tentang kata kerja GODAN DOOSHI serta perubahannya, download disini


B. KAMI ICHIDAN DOOSHI
Ciri-ciri dari kerja golongan ini adalah kata kerjanya selalu berakhiran dengan "IRU".
EXAMPLE :



Jishoo Kei じしょ けいTe Kei て けいTa Kei た けいMasu Kei ます けいNai kei  ない けいImi いみ/ Arti
MiruMiteMitaMimasuMinaiMelihat
DekiruDekiteDekitaDekimasuDekinaiBisa,dapat
KiruKiiteKiitaKimasuKinaiMemakai Pakaian

Lebih lengkapnya tentang kata kerja KAMI ICHIDAN DOOSHI serta perubahannya, download disini

C. SHIMO ICHIDAN DOOSHI
Ciri-ciri dari kata kerja golongan ini adalah kata kerjanya berakhiran dengan "ERU".
EXAMPLE :


Jishoo Kei じしょ けいTe Kei て けいTa Kei た けいMasu Kei ます けいNai kei  ない けいImi いみ/ Arti
TaberuTabeteTabetaTabemasuTabenaiMakan
NeruNeteNetaNemasuNenaiTidur
DeruDeteDetaDemasuDenaiKeluar
UeruUeteUeetaUemasuUenaiMenanam

Lebih lengkapnya tentang kata kerja SHIMO ICHIDAN DOOSHI serta perubahannya, download disini

D. KAHEN DOOSHI
Ciri-ciri kata kerja golongan ini adalah kata kerjanya cuma satu yaitu berakhiran dengan "KURU".
EXAMPLE :

Jishoo Kei じしょ けいTe Kei て けいTa Kei た けいMasu Kei ます けいNai kei  ない けいImi いみ/ Arti
KuruKiteKitaKimasuKonaiDatang



E. SAHEN DOOSHI
Ciri-ciri kata kerja golongan ini adalah cuma satu kata yaitu "SURU" yang berarti "mengerjakan" atau "melakukan" tetapi banyak kata benda maupun kata sifat yang di tambah dengan kata "SURU" berubah fungsinya menjadi kata kerja.
EXAMPLE :


Jishoo Kei じしょ けいTe Kei て けいTa Kei た けいMasu Kei ます けいNai kei  ない けいImi いみ/ Arti
Benkyoo suruBenkyoo shiteBenkyoo shitaBenkyoo shimasuBenkyoo shinaiBelajar
Undoo suruUndoo shiteUndoo shitaUndoo shimasuUndoo shinaiBerolah raga
Shigoto suruShigoto shiteShigoto shitaShigoto shimasuShigoto shinaiBekerja
Renshuu suruRenshuu shiteRenshuu shitaRenshuu shimasuRenshuu shinaiBerlatih
Sanpo suruSanpo shiteSanpo shitaSanpo shimasuSanpo shinaiBerjalan-jalan

Lebih lengkapnya tentang kata kerja SAHEN DOOSHI serta perubahannya,Download Disini


Untuk pembahasan penggunaan setiap perubahan kata kerja tersebut di atas, Insya allah akan saya bahas pada postingan berikutnya karna mau langsung di tulis kecapean dah nie tangan nulis..hehehe ^_^. Terima Kasih. ありがとう ございます。

14 komentar:

CIMAY said...

Hai, ありがとう ございます ね。。 Aku terbantu banget dengan tulisanmu ini.... lagi belajar bahasa Jepang nih.. pusing banget kena kata kerjanya.. hehehe...

Rahman. said...

@Cimay
sama-sama....
saya lebih mengucapkan syukur klo tulisan saya nie bisa membantu anda...
and thank's dah berkunjung...

Yuki said...

Klo pengen merubah dari bentuk MASU ke bentuk kamus, khususnya untuk kata yg berakhiran i-RU (TANPA HARUS DIHAFAL). Bagaimana cara membedakan untuk kelompok 1 dan 2? Misalnya untuk kata ORIMASU dan OKURIMASU. Keduanya sama-sama berakhiran -RIMASU. Tolong penjelasannya.

Anonymous said...

gmana sih cara belajar partikel???
bantuin dong...

dianeyeye said...

makasih banyak ya , tulisannya negbantu banget buat bikin tugas sekolah , hehe
sekali lagi makasih :)

Totok Assegaf said...

bagaimana cara membedakan kata kerja gol 1 dan 2. karena bagi pelajar SMA sangat kesulitan cara membedakannya

Anonymous said...

terima kasih..
ini bener-bener bisa bantu tugas sekolah ku..
terima kasih yaa

Rahman. said...

@Yuki : klo untuk merubah bentuk MASU ke bentuk kamus, tinggal d tulis ja bentuk kamusnya, sehingga pada kondisi ini kita harus memperbanyak kosa kata, dan untuk ORIMASU itu sama dengan ARIMASU yg asal katanya ARU=Ada(untuk benda mati) dan OKURIMASU artinya Mengirim

@Totok Assegaf : lihat di sini untuk pembahasan partikel, http://nihongo-rahman.blogspot.com/2010/05/particle.html

Py'Erzhanti said...

ありがとうございます aku masih suka bingung dengan kata kerja, oh ya..aku mau tanya kalau suru itu artinya mengerjakan yah...banyak penggunaan perubahan kata menjadi shimasu atau suru di pake..berarti setiap apa yang kita lakukan menggunakan kata suru atau shimashita yah?? misal kita lagi kerja shigotou suru, bukan hanya shigotou mhn penjelasnya yh...kata kerjanyanya banyak banget, jadi terbantu buat pelajaranku..

Rahman. said...

Py'Erzhanti: klo SURU tu emang artinya MELAKUKAN/MENGERJAKAN....
contoh :
Shigoto artinya Pekerjaan , tapi kalau di tambah SURU menjadi SHIGOTO SURU artinya BEKERJA,

LIHAT TABEL KATA KERJA YANG BERAKHIRAN DENGAN KATA SURU....

^_^

lalu_panji said...

alhamdulillah akhirnya ketemu juga...
makasih banyak atas tulisannya... membantu sekali ありがとう ね。。。

amir darui said...

tulisanx mantaap bro...

thanks

Ikki Kun said...

masih pusing sih, tapi saya harus terus belajar gan !! makasih gan artikelnya !!

22aristya said...

kok file yang lengkapnya ga bisa di unduh ya?