Wednesday, July 11, 2012

Ungkapan "Keinginan" dalam Bahasa Jepang

Ungkapan "Keinginan" dalam bahasa Jepang, bisa kita tulis dengan 2 cara, yaitu :
  1. .....wa .........Ga Hoshii desu
  2. .....wa..........Verb + Tai

1.] ..... Wa ........Ga Hoshii desu

Untuk  membentuk kalimat atau ungkapan "Keinginan" dengan menggunakan bentuk "Ga Hoshii " ini, cukup dengan pola kalimat ...........wa..........ga hoshii desu.
Contoh:
  • わたし は コンピューター が ほしい です = Watashi wa pasokon ga hoshii desu = Saya ingin komputer
  • わたし は くるま が ほしくない です = Watashi wa kuruma ga hoshikunai desu = Saya tidak ingin mobil.
  • あなた は なに が ほしい ですか? = Anata wa nani ga hoshii desu ka? = Apa yang anda inginkan ?
  • わたし は ヂジタル カメラ が ほしい です。= Watashi ha dijitaru kamera ga hoshii desu = Saya ingin kamera digital
  • わたし は なに も ほしくない です。 = Watashi wa nani mo hoshikunai desu = Saya tidak ingin apapun. 

2.] ........wa......Verb+tai

Untuk membentuk ungkapan "Keinginan" dengan menggunakan bentuk VERB + TAI ini cukup mudah, yaitu dengan cara merubah kata kerja bentuk MASU menjadi bentuk  TAI, yakni dengan cara, kata "MASU" pada kata kerjanya dihilangkan dan diganti dengan menggunakan "TAI".Contoh :
  • わたし は あたらしい かばん を かいたい です = Watashi wa atarashii kaban ga kaitai desu = Saya ingin membeli tas baru.
  • あなた は なに を したい ですか?。 = Anata wa nani wo shitai desu ka? = Apa yang ingin anda lakukan ?
  • わたし は うち へ かえりたい です。= Watashi wa uchi e kaeritai desu = Saya ingin pulang ke rumah
  • わたし は なに も したくない です。 = Watashi wa nani mo shitakunai desu = Saya tidak ingin melakukan apapun.
  • わたし は にほん へ いきたい です。= Watashi wa nihon e ikitai desu = Saya ingin pergi ke Jepang.

Note :
  • Untuk membentuk ungkapan "Keinginan" dalam bentuk VERB + TAI, dengan cara kata kerja bentuk MASU yakni bentuk MASU dihilangkan dan diganti dengan TAI. 
  • Contoh : KAERIMASU menjadi KAERITAI
  • SHIMASU menjadi SHITAI 
  • IKIMASU menjadi IKITAI
  • Dan bentuk negatif dari VERB+TAI ini adalah dengan menambahkan kata KUNAI dengan cara menghilangkan I pada akhir kata dan menggantinya dengan KUNAI. Contoh : SHITAI menjadi SHITAKUNAI = TIDAK INGIN MELAKUKAN, IKITAI menjadi IKITAKUNAI = TIDAK INGIN PERGI, KAERITAI menjadi KAERITAKUNAI = TIDAK INGIN PULANG.

ahhhh... gak terasa udah jam 7.30...... perut dah mulai demo nich... ... ayo sarapan  = ASA GOHAN WO TABEMASHOU.....!!!.... SEE U @POSTINGAN SELANJUTNYA........ MATA AIMASHOU.....!!!

1 komentar:

Puspita Ratna Dewi said...

Woahh arigatou sensei