Friday, May 28, 2010

Penggunaan Partikel Dalam Bahasa Jepang

Partikel

Dibawah ini adalah partikel yang sering digunakan dalam kalimat bahasa jepang.
  • WA = di gunakan apabila kata benda bertemu dengan kata kerja.
  • GA = Tetapi.
  • DE = pada, di , menggunakan
  • NO = menyatakan milik
  • NI = pada , di .
  • MO = juga (apabila ada pernyataan yang sama sebelumnya dengan sesudahnya)
  • WO = di gunakan sebelum kata kerja dengan kata benda.
  • E = ke.
  • KA = menunjukkan ada atau tidak ada.tapi klo berada di akhir klmat, maka menjadi kalimat tanya.

Contoh :
  1. watashi wa daigakusei desu.=saya adalah mahasiswa
  2. watashi wa nihon go ga suki desu.=saya suka bahasa jepang
  3. watashi wa fune de Lombok e kaerimasu.=saya pulang menggunakan kapal laut.
  4. ano otobaiku wa watashi no desu.= spd motor itu milik saya.
  5. Indonesia no shuutoo wa Jakaruta desu.=Ibu kota Indonesia adalah Jakarta.
  6. Hon wa tsukue no ue ni arimasu.=buku ada di atas meja.
  7. Jo san wa daigakusei desu.Watashi mo daigakusei desu.=jo adalah mahasiswa.saya juga mahasiswa
  8. watashi wa nihon go wo benkyou shimasu.=saya belajar bahasa jepang.
  9. watashi wa mosuku e ikimasu.=saya pergi ke masjid.
  10. dare ka imasu ka.=adakah seseorang ?
  11. dare ka arimasu ka.=adakah sesuatu ?
  12. dare ga imasu ka.=ada siapa ?
  13. kore wa dare no desu ka.=Ini punya siapa ?
  14. Hon wa arimasu ga, enpitsu wa arimasen.= Buku ada, tetapi pensil tidak ada.
Catatan :
@ Untuk menjawab pertanyaan : dare ka imasu/arimasu ka. = Hai, Imasu. / Hai Arimasu.
@ Untuk menjawab pertanyaan : dare ga imasu ka. = ....... san ga imasu.

|| Percakapan ||
  • Sensei : Ohayou Gozaimasu.
  • Gakusei : Hai, Ohayou gozaimasu.
  • Sensei : Minna genki desu ka.?
  • Gakusei : Hai, minna genki desu.
  • Sensei : Kyou wa dare ga imasen ka.?
  • Gakusei : Ari san to Rina san ga imasen.
  • Sensei : Doushite ?
  • Gakusei : Wakarimasen.
  • Sensei : Toire no naka ni dare ga imasu ka.?
  • Gakusei : Iie, dare mo imasen.

Catatan
- Minna = Semua ( untuk orang )
- Kyou = Hari ini.
- Dare = Siapa.
- Imasen = tidak ada / tidak hadir.
- to = dan
- Doushite ? = Kenapa ?
- Wakarimasen = tidak tahu ( wakaru = tahu / mengerti )
- dare mo imasen = tidak ada siapa-siapa.

0 komentar: